Kartu Perdagangan Perbatasan Sering Disalahgunakan

Tanggal 15 Mei 2013 | 8:08:00 PM

Bengkalis Pos

Bengkalis Pos ~ Indonesia dan Malaysia menyepakati penggunaan kartu perdagangan lintas batas bagi masyarakat perbatasan Indonesia sebesar 600 ringgit per bulan. Namun, seringkali komoditas yang hanya boleh diedarkan untuk masyarakat perbatasan itu diedarkan juga di luar wilayah perbatasan.

Seperti yang terjadi akhir pekan lalu, Komando Resor Militer 121 Alambana Wanawai, Kalimantan Barat dan Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) Kelas I Entikong menggagalkan pengiriman ikan keluar wilayah perbatasan.

Sebanyak tiga mobil boks pengangkut ikan dibawa keluar dari wilayah perbatasan menuju ke arah Kota Pontianak.

Kepala SKIPM Kelas I Entikong Nandang Koswara, Rabu (15/5/2013) menjelaskan, pihaknya memang berwenang mengeluarkan surat untuk memasukkan ikan dari Malaysia ke wilayah perbatasan Indonesia.

Ikan hanya boleh masuk ke wilayah perbatasan jika hasil uji laboratorium sesuai dengan ketentuan perikanan Indonesia. Jika hasil uji laboratorium tidak sesuai dengan ketentuan, ikan dikembalikan ke Malaysia.

Dengan demikian, tanggung jawab pengawasan hanya sampai di wilayah perbatasan. Namun, jika ada informasi bahwa ikan dari Malaysia dibawa keluar dari wilayah perbatasan, Nandang mengaku pihaknya tetap ikut mengawasi, seperti yang terjadi dua kali pada Mei ini. (KRP)
Kartu Perdagangan Perbatasan Sering Disalahgunakan
Leony Li
By Bengkalis Pos
Published: 2013-05-15T20:08:00+07:00
Kartu Perdagangan Perbatasan Sering Disalahgunakan
4.5 11 reviews
Di Publikasi Oleh:
Artikel Terkait:
Jangan Lupa Bagikan Ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Bengkalis Pos

Tentang Kami

Bengkalis Pos adalah Portal berita sajian khusus untuk pembaca yang kami kutip dari berbagai sumber berita, Masukan Email anda di bawah ini untuk mengikuti berita terbaru kami atau ikuti Facebook dan Twitter kami dengan klik Ikuti dan secara otomatis anda akan mendapatkan Update berita terbaru kami.

Breaking News close button
Back to top

Bengkalis Pos adalah blog berita kutipan dari berbagai sumber, dan Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber lain. Jika ada salah silahkan beri kritikan, Anda juga diperbolehkan untuk berkomentar yang tentunya tidak menyinggung SARA.

Bagaimana Pendapat Anda?
 
Copyright © 2013. Bengkalis Pos - All Rights Reserved | Template By Maskolis | Modifikasi By Leony Li | Proudly powered by Blogger