Advertise

Sepuluh Tahun Lagi Pengembaraan Mars Express

Tanggal 12 June 2013 | 10:10:00 PM

Bengkalis PosIlustrasi yang menggambarkan Mars Express tengah mengintai Si Planet Merah, Mars. Kredit: ESA/ D. Ducros.

Bengkalis Pos
~ Sepuluh tahun lalu, Mars Express meluncur menembus atmosfer Bumi dan memulai pengembaraannya menuju si Planet Merah. Sejak saat itu, wahana ruang angkasa ini telah bekerja keras menguak berbagai misteri di Mars.

Dalam dasawarsa terakhir Mars Express telah mengirimkan foto-foto dramatis gunung-gunung tinggi menjulang, ngarai-ngarai raksasa, dan tudung-tudung es di kutub Mars seperti yang ada di Bumi.

Mars Express telah menunjukkan pada kita bahwa tidak diragukan lagi kalau milyaran tahun lalu planet keempat dari Matahari ini lebih hangat dan basah daripada keadaannya sekarang.

Bahkan, dengan peta-peta dan foto-foto detail dari bekas-bekas aliran sungai dan dataran banjir yang sangat luas, Mars Express berhasil mendeteksi jenis batuan istimewa yang hanya bisa terbentuk di air! Berkat misi ini, jelas bahwa kemungkinan besar dahulu lingkungan Mars mampu mendukung kehidupan untuk berkembang biak di sana.

Wahana pengintai ini tidak hanya menemukan petunjuk-petunjuk keberadaan air di masa lampau, tapi juga menemukan es-air yang sekarang pun ada di sana! Lapisan tipis air-beku ditemukan di bawah permukaan planet membentang ratusan kilometer di sekitar kutub selatan.

Tidak hanya di tudung es, air juga ditemukan di danau-danau beku yang luas jauh di bawah permukaan planet yang kering dan berdebu. Di kutub-kutub planet, Mars Express menemukan es-air yang jika meleleh akan membanjiri si planet dengan air sedalam 11 meter!

Yang terakhir, sekali lagi membesarkan harapan kita bahwa planet ini bisa ditempati makhluk hidup, Mars Express mendeteksi metana di atmosfer Mars. Di Bumi, metana dihasilkan hanya dari aktivitas vulkanis, atau makhluk hidup. Apakah itu berarti ada bentuk kehidupan di Mars saat ini?

Petualangan belumlah berakhir. Mars Express masih memiliki waktu bertahun-tahun untuk terus bertualang. Minggu lalu Mars Express mengirimkan informasi mengenai banjir besar yang mengukir sungai dan delta seluas 1,5 juta kilometer persegi di atas permukaan planet, dan terjadi 3 milyar tahun yang lalu. Banjir semacam itu bisa menggenangi hampir seluruh Mexico!

Fakta Menarik

Tahukah kalian kalau Mars mempunyai dua bulan? Bulan-bulan itu dinamai Phobos dan Deimos. Dan, dalam misinya Mars Express telah memotret Phobos dengan detail. Klik Tombol Show Dibawah ini. (LEO/LI)
Sumber: langitselatan.com
Sepuluh Tahun Lagi Pengembaraan Mars Express
Leony Li
By Bengkalis Pos
Published: 2013-06-12T22:10:00+07:00
Sepuluh Tahun Lagi Pengembaraan Mars Express
4.5 11 reviews
Editor :
Artikel Terkait:
Jangan Lupa Bagikan Ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Bengkalis Pos

Tentang Kami

Bengkalis Pos adalah Portal berita sajian khusus untuk pembaca yang kami kutip dari berbagai sumber berita, Masukan Email anda di bawah ini untuk mengikuti berita terbaru kami atau ikuti Facebook dan Twitter kami dengan klik Ikuti dan secara otomatis anda akan mendapatkan Update berita terbaru kami.

Breaking News close button
Back to top

Bengkalis Pos adalah blog berita kutipan dari berbagai sumber, dan Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber lain. Jika ada salah silahkan beri kritikan, Anda juga diperbolehkan untuk berkomentar yang tentunya tidak menyinggung SARA.

Bagaimana Pendapat Anda?
 
Copyright © 2014. Bengkalis Pos - All Rights Reserved | Template By Maskolis | Modifikasi By TutorNesia | Proudly powered by Blogger